Piala Presiden 2022: Persib Bandung Tersingkir Lewat Adu Penalti

BOBOTOHNEWS.COM, Bandung: Langkah Persib Bandung terhenti di babak perempat final Piala Presiden 2022 setelah kekalahan 2-4 (1-1) dari PSS Sleman melalui drama adu penalti di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Jumat (1/7/2022).

Dalam waktu normal, kedua tim bermain imbang 1-1. Sempat tertinggal oleh gol Boaz Salossa di menit 53, Persib berasil membalas lewat tendangan penalti Marc Klok di menit 85.

Pada pertandingan ini, Persib langsung menurunkan dua pemain anyarnya, Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya sejak menit pertama. Sementara, bek kiri asal Filipina, Daisuke Sato berada di bangku cadangan.

Babak Pertama

Persib langsung tampil menekan sejak menit pertama. Ricky langsung menunjukkan aksi olah bolanya saat bekerja sama dengan Frets Butuan di sisi kiri. Kambuaya bahkan mendapat peluang di menit 4. Tapi ia terjatuh di dalam kotak penalti dan kehilangan penguasaan bola.

Di pertengahan babak pertama, baik Persib dan PSS sama-sama tampil agresif. Hasilnya, upaya Ricky dalam merebut bola dari Rifqy berbuah kartu kuning. Begitu juga di kubu PSS, Syaiful Ramadhan melanggar Marc Klok dengan keras yang membuatnya dikartu kuning juga.

Pertahanan Persib diuji di menit 29. Namun, dalam situasi 3 lawan 2, pemain Pangeran Biru mampu menggagalkan upaya mencetak gol Ze Valente. Sepakan kaki kiri pemain asal Portugal itu mambu diblok secara akurat oleh bek tengah Persib, Achmad Jufriyanto.

Kambuaya mendapat peluang di menit 36. Namun, ia mengira dalam posisi off side sehingga kehilangan konsentrasi untuk menguasai bola di depan kotak penalti. Di menit-menit akhir babak pertama, Persib mengancam melalui Abdul Aziz tapi usahanya masih melambung.

Babak Kedua

Di babak kedua, tepatnya menit 53, Persib dikejutkan gol yang dibuat oleh Boaz Salossa melalui tandukan kepalanya. Persib pun bereaksi dengan memasukkan tiga pemain, yakni Zalnando, Erwin Ramdani dan Dedi Kusnandar menggantikan David Rumakiek, Febri Hariyadi dan Abdul Aziz di menit 57.

Persib berusaha membalas di menit 66 melalui Erwin menyambut umpan silang Zalnando di sisi kiri. Sayang, sundulan Erwin terlalu lemah sehingga bisa diantisipasi oleh kiper PSS, M. Ridwan. Begitu juga sundulannya semenit kemudian yang diberikan oleh Ezra Walian.

Di menit 70, Ezra Walian ditarik keluar dan digantikan oleh tenaga muda, Ridwan Ansori. Tenaga muda kembali dimasukkan oleh Robert Alberts dengan masuknya Arsan Makarin menggantikan Frets. Masuknya Arsan menjadi pergantian pemain terakhir yang dilakukan oleh Persib.

Menit 84, Syaiful mendapat kartu kuning kedua setelah melanggar Arsan di dalam kotak penalti. Ia pun diusir wasit dari lapangan. Klok yang jadi eksekutor penalti mampu menunaikan tugasnya dengan sempurna di menit 85. Keadaan kembali imbang 1-1.

Di menit-menit akhir, Erwin melepaskan sepakan keras kaki kanan mengarah ke gawang. Tapi bola bisa dihalau dengan baik oleh M. Ridwan. Tak berselang lama, pertandingan di waktu normal pun berakhir dengan skor imbang 1-1 dan penentuan pemenang dilanjutkan dengan babak adu penalti.

Babak Adu Penalti

Dalam adu penalti, Persib harus mengakui keunggulan PSS 2-4. Hanya Marc Klok dan Rachmat Irianto sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Sedangkan tendangan Erwin diblok Ridwan dan Achmad Jufriyanto melambung. Sementara, eksekutor penalti PSS, Ze Valente, Bagus Nirwanto, Hambali Tolib dan Rifky Dwi berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.*(Redaksi)

Redaksi
Author: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *